Hipnotis, Totalitas Dalam Berkarya

18 May 2011

Ini baru namanya totalitas, berani berinovasi di tengah kemajemukan karya Itulah kesan pertama yang muncul dalam benak saya seusai nonton video klip hipnotis yang berdurasai 8 menit 15 detik tersebut. Serasa habis nonton short-movie. Hehe. . Bagaimana tidak totalitas kalo dalam proses pembuatanya saja melibatkan teknologi canggih, menampilkan berbagai eksotika alam Indonesia, menyewa kapal tanker, helicopter, serta mendatangkan Rain, penyanyi asal korea. Nggak tanggung-tanggung bukan?. Video klip bersutradara Anggi umbara dengan pelantun wanita cantik bernama Indah Dewi Pertiwi dan berkonsep modern digital ini tampaknya akan menjadi gebrakan fantastis di tengah kemajemukan blantika music nusantara. saya tidak tahu pasti berapa budget yang dihabiskan untuk pembuatan klip ini, tapi yang pasti sangat mahal, malah denger-denger habis milyaran. karena tidak mungkin hanya dengan biaya puluhan juta bisa menghasilkan mahakarya seperti ini. Proses pembuatan video klip ini juga bekerjasama dengan KFC dan 2 operator seluler ternama (telkomsel dan fleksi). Penyanyi yang bernaung di bawah label Keci Record milik Bebi Romeo ini juga sempat menyabet penghargaan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Solo Ngetop versi SCTV Music Award 2011

Penasaran seperti apa klip videonya? Temen-temen bisa melihat beberapa hasil catatan review yang saya tulis dari video klip Hipnotis di bawah ini :

1. Polesan efek grafis yang canggih disana-sini

Sejak awal dimulai, bermula dari sosok IDP berdiri dengan latar air terjun menghujamkan pandanganya ke seluruh penjuru alam, klip video ini sudah memanjakan mata kita dengan berbagai special efek canggihnya yang merupakan hasil olah rekayasa teknologi modern. berikut uraianya :

Meteor jatuh menghantam bumi, sebagaimana pengetahuan tentang meteor yang dulu saya dapatkan dari pelajaran fisika, dalam video tersebut digambarkan sebuah batu dari pecahan meteorid ini meluncur dengan cepatnya dari kawasan luar bumi. Namun ketika masuk dalam lintasan bumi dan melewati atmosfer, timbul suatu gesekan yang luar biasa dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga menjadikanya terbakar dan terpecah menjadi banyak bagian dengan beragam ukuran yang terlempar ke segala arah. Batu meteorid terus meluncur hingga akhirnya menyisakan bagian yang belum terbakar jatuh ke permukaan bumi. Berbentuk bulat tak rata serta berasap, kemudian meleleh menjadi suatu cairan aneh mengalir cepat mencari persinggahan.

Robot, pada bagian ini sosok IDP berada dalam sebuah monitor pada suatu ruangan berdinding kaca penuh silver berdimensi penuh animasi, kemudian beberapa speaker perlahan bertransformasi menjadi 5 sosok robot animasi yang salah satunya mirip IDP, seperti efek pada film transformer. Dalam alunan music yang cukup ngebeat ini ke-5 robot tadi menari layaknya manusia, bergerak kompak selaras beat lagu. Didukung dengan pencahayaan yang memadai. Nah. . . selanjutnya ke-5 robot tadi bermetamorfosis menjadi sosok manusia, tampaklah si cantik indah dewi pertiwi pada barisan depan sebagai pemimpin. wow. . disini visualisasinya keren banget, dari kostum robot yang kemudian berangsur rontok dari ujung atas sampai bawah menampilkan 5 sosok manusia dengan kostum apik dengan perpaduan warna yang sinkron dengan suasana latar.

Alien air, Bagian selanjutnya yang tidak kalah kerenya yaitu ketika cairan air mirip molekul dari hasil ledakan meteor yang jatuh ke bumi mengalir menyusuri sebuah ruangan berserakan mirip sebuah gudang kosong yang kemudian berubah wujud menjadi 5 sosok alien air yang sedang asyik nge-dance. Konsep ini seperti apa yang ada dalam film terminator. Dari sosok alien air ini kemudian bermetamorfosis melalui fase semi-manusia air menjadi manusia utuh yang selanjutnya dikesankan seperti menari di dalam air. Saya rasa efek-efek grafis seperti ini cukup sulit, apalagi pembuatanya dalam format 3D.

Remote teleport, efek kamera canggih yang memungkinkan seseorang seperti berpindah-pindah melintasi dimensi ruang dan waktu hanya dengan memencet tombol remote. Dalam klip video hipnotis ini remote dipegang sendiri oleh IDP saat mendatangi arena dance battle, tempat para dancer saling beradu keahlian ala film step-up (film favorit saya ini). dengan kendaraan mobil merah yang melaju perlahan diikuti efek garis warna warni yang meliuk-liuk mengitari mobil, IDP mengeluarkan remote transportnya. Pada bagian ini para club dance saling berunjuk kebolehan. Ditambah lagi polesan efek-efek grafis di sekitar ruangan sehingga tampak seperti berada pada ruang digital. Keren abis deh pokoknya. . .

meteorrobotalien-airremotdance-battle

2. Lokasi dan pengambilan gambar

klip video ini mengambil beberapa lokasi eksotis dari berbagai wilayah di indonesia. Dan ini menunjukkan bahwa IDP bangga dan peduli terhadap obyek wisata alam Indonesia serta mencoba mengekspose pesona alam indonesia kepada dunia. konsep scene to scene dalam pengambilaan gambar dikendalikan sepenuhnya melalui remote teleport yang dipegang IDP. Dari lokasi dance battle remote dipencet lalu kelompok dance IDP tersedot menyusuri ruang waktu tiba di lokasi Tanjung aan, sebuah tanjung dengan hamparan pasir putihnya yang membentang dari ujung ke ujung yang terletak di deretan pantai-pantai indah kawasan kuta Lombok. Di lokasi ini mereka menari di atas bukit. Selanjutnya remote transport membawa mereka menari dibawah air terjun Sendang gile, yang berlokasi di kawasan Rinjani, Lombok tengah. Kembali lagi mereka terbawa arus waktu menuju Ambarawa dalam suasana pertempuran ambarawa 1945, dalam balutan animasi suasana pertempuran yang mencekam ini mereka menari dengan sangat energik menyiratkan semangat 45 kala itu. Uniknya dalam pertempuran tersebut juga disisipi adegan seorang pasukan sedang bertarung melawan robot penghancur, dan saya suka konsep ini, disamping menimbulkan ketertarikan tersendiri juga mengandung makna bahwa ketertinggalan indonesia dalam bidang teknologi perlu mendapatkan perhatian lebih dari kita. hal itu tampak pada adegan perlawanan seorang pejuang indonesia menggunakan bambu runcing melawan robot. Selanjutnya dalam sekejap mereka melesat ke Laut jawa, menari diatas kapal tanker. perpindahan dari tempat ke tempat melalui remote transport ini mirip efek yang digunakan pada film Jumper. Dan terakhir, remote transport membawa mereka menembus kehancuran kota Jakarta. Kawasan bundaran, semanggi, tamrin, dan sudirman diluluhlantakkan oleh badai dan tsunami. Disini animasinya mirip film the Day After Tomorrow. Namun melalui menu Reverse damages pada remote transport yang dipegang IDP, akhirnya Jakarta mampu diselamatkan kembali dari kehancuran. dan bagian ini mengingatkan saya pada film prince of Persia ; the sands of times saat belati pasir waktu dipencet menyelamatkan kota Alamut dari kehancuran dan membawanya ke masa lalu. Semunya ini menunjukkan adanya perpaduan antara koreografi yang menarik dan setting latar yang eksotik dikemas dalam efek computer grafis yang memukau.

sendang-gilelaut-jawaambarawajakartatanjuang-aan

3. Lirik lagu dan relevansinya dengan klip video

Lirik lagunya disamping simple dan easy listening juga sangat sesuai dengan judul lagu, jadi tepat sekali memilih hipnotis sebagai judul lagu, karena memang keseluruhan isinya betul-betul menggambarkan suasana seseorang yang sedang terhipnotis dilanda cinta. karena tidak jarang saya dapati lirik lagu para penyanyi yang terkadang keluar dari konteks judulnya. Mungkin sebagian dari kita akan bertanya seusai nonton video hipnotis ini, kira-kira dimana relevansinya dengan lirik lagu. Bagaimana bisa lagu yg bertema percintaan tiba-tiba dihadapkan dengan klip video tentang kemajuan teknologi, pesona keindahan alam Indonesia, serta bencana alam. Namun coba kita lihat pesan awal pada saat opening-title,

Were nothing but aliens (kita tidak lain hanya orang asing)

Invading the planet (menyerang planet)

With lust and technologi (dengan nafsu dan teknologi)

Dari pesan singkat itu tersirat bahwa nafsu dan kemajuan teknologi jika tidak di pergunakan sebagaiman mestinya mampu menghipnotis manusia yang berakibat terancamnya kelestarian dan keindahan alam Indonesia. Jadi, tema cinta lagu ini dapat kita bawa kepada makna cinta yg lebih universal mencakup kecintaan/nafsu terhadap teknologi. Kemudian pada ending-title nya terdapat pesan yg memberikan kita solusi bahwa untuk melakukan perubahan terhadap kehancuran akibat ulah tangan manusia adalah dimulai dari diri kita sendiri, karena kendali ada pada genggaman kita.

The remote is within ourselves (Kendali berada dalam diri kita)

The worlds is in your hand (dunia ada di tanganmu)

Reverse the damage (putar balik kerusakan)

Save our planet (selamatkan planet)

Sehingga scene to scene dalam video ini yg terkesan cut to cut, bahkan dengan durasi yg lebih panjang dari lagu aslinya pada hakikatnya adalah merupakan perpaduan alur cerita yg menyiratkan pesan tertentu yaitu kampanye pelestarian alam serta pengembangan teknologi demi kemajuan bangsa indonesia. mengenai kekurangan disana-sini saya rasa cukup wajar, apalagi untuk suatu gebrakan baru. karena memang tidak ada suatu karya yg sempurna. manakala kita menganggap bahwa apa yang telah kita capai adalah sempurna, maka pada saat itu pula kreatififitas kita berhenti. oleh karenanya, segala kekuranganya bisa dijadikan pemacu untuk terus mengembangkan kreatifitas.

Good luck deh buat Indah Dewi Pertiwi. . . . . .


TAGS Hipnotis Blogging Contest


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post